Soft launching Centre of Micro Finance BRI UNHAS, Asmawi Syam beri kuliah umum

Soft launching Centre of Micro Finance BRI UNHAS, Asmawi Syam beri kuliah umum

suasana peletakan pertama saat microfinance unhas 2017 lalu

(Makassar, 27 April 2018) Gedung Centre of Micro Finance yang terletak didepan Fakultas Kehutanan seberang Teaching Industry kampus Unhas Tamalanrea itu telah rampung. Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa, Pusat Keuangan Mikro ini sendiri dibangun atas kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Unhas yang pada tanggal 27 Februari 2017 lalu yang mana peletakan batu pertama disaksikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Direktur Centre of Micro Finance Universitas Hasanuddin, Prof.Dr.Gagaring Pagalung, SE.Ak.MS.CA mengatakan bahwa ini akan menjadi institusi pusat pengembangan microfinance terkemuka yang mampu menyediakan pendidikan, penelitian, pelatihan dan pendampingan ekonomi dalam bidang microfinance di Indonesia.

Dalam Soft Launching yang dirangkaikan dengan kuliah umum, Jumat (27/4.2018) bertempat di Gedung Aula Lt 2 Centre of Micro Finance BRI UNHAS, hadir Asmawi Syam (Wakil ketua Majelis Wali Amanah UNHAS), dan Wakil Rektor 1  Unhas Prof.Dr..Ir.Junaedi Muhidong, MSc,Dekan FEB Unhas Prof.Dr.Abd.Rahman Kadir, MSi  beberapa guru besar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas, staff pengajar, serta mahasiswa S1, S2 dan S3 lainnya.

Kuliah Umum ini sendiri membahas tentang sejarah dan perkembangan Micro Finance di Indonesia, dimana banyak membahas kasus BRI sebagai banking yang telah diakui dunia berhasil mengembangkan Micro finance di Indonesia dan menjadi role model bagi bank lainnnya.

Asmawi Syam (Mantan Direktur Utama BRI) memaparkan bahwa disiplin ilmu micro-finance semakin berkembang karena didalam satu negara berkembang terdapat penduduk yang secara umur produktif namun tidak secara finansial. Tidak adanya modal, kemampuan berusaha rendah, dan tidak memiliki akses perbankan menjadikan mereka tidak produktif, disinilah sebenarnya peranan Micro Finance bagi mereka yang biasa disebut economically active poor.

“Saya ingin mahasiswa FEB Unhas ini mau mengembangkan keilmuan dibidang micro finance ini, kajian ini masih sangat terbuka lebar dan tenaga kerja dibidang ini masih kurang” ujar alumni FEB Unhas tahun 70an, kini menjabat sebagai Direktur Utama Askrindo (PT Asuransi Kredit Indonesia).

Centre of Micro Finance BRI UNHAS sendiri akan berencana membuka program studi master (s2) keuangan mikro pada semester depan, kita menunggu perijinan dari  kemeristekdikti dan pihak rektorat juga telah menyiapkan saran pendukung lainnya. ujar, Prof. Dr. Gagaring Pagalung, yang juga mantan Dekan FEB UNHAS ini.

 

link berita terkait lainnya

http://makassar.tribunnews.com/2018/04/28/soft-launching-centre-of-micro-finance-bri-unhas-direktur-askrindo-beri-kuliah-umum

Dipost Oleh andinurbaumassepe

Dosen

Post Terkait

Tinggalkan Komentar